Jumat, 05 Februari 2016

INFORMASI SITUASI LALULINTAS DAN LAKALANTAS






POLRES MAJALENGKA - Untuk memberikan pelayanan yang semakin prima terhadap masyarakat, kini Ditlantas Polda Jabar telah meluncurkan beberapa program unggulan, yakni selain SIMOBO dan pengecekan data data kendaraan bermoto, pihaknya juga mengembangkan aplikasi M-Lantas, yang berisi berbagai informasi seperti diantaranya informasi situasi lalulintas secara real time, pelaporan kecelakaan lalulintas, hingga plotting personil menggunakan teknologi GPS.

“Kita selain memiliki SMS Gateway, seperti SMS Regident, untuk layanan publik yang memerlukan data-data kendaraan dan perpanjangan SIM bisa lewat android atau SIMOBO, kita juga memiliki didalam aplikasi tersebut juga terdapat Location Based Service (LBS), untuk informasi terkait kondisi kerawanan di suatu wilayah, baik rawan kecelakaan, kemacetan maupun bencana,” kata Kapolres Majalengka AKBP YUDHI SULISTIANTO WAHID,S.Ik, melalui Kasat Lantas Polres Majalengka AKP IIM ABDUROCHIM, didampingi KBO Satlantas Polres Majalengka IPTU H SUHENDI, Jumat (5/2/2016).

Selain itu, pihaknya juga meluncurkan program keselamatan lalulintas, seperti RAR (Road Accident Rescue) yang merupakan tim khusus untuk menangani penyelamatan korban kecelakaan lalulintas. Tim yang bentuk Ditlantas ini diharapkan dapat menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan.

Kemudian untuk proses penyidikan dan penanganan kasus kecelakaan lalulintas, Polda Jabar membentuk TAA (Traffic Accident Analysis). Tim ini diharapkan dapat mengungkap kasus kecelakaan secara transparan dan akuntabel sehingga adanya keadilan dan kepastian hukum bagi pihak-pihak yang terlibat dalam kasus kecelakaan lalulintas tersebut.

“Polda Jawa Barat ini merupakan pionir bagi layanan publik yang berbasis IT. Sehingga, masyarakat sangat terbantu,” ungkapnya.

Menurutnya, program ini juga sangat membanggakan. Di tengah-tengah upaya negara untuk selalu hadir di tengah masyarakat, ini merupakan jawaban dari pihak kepolisian.

Meski layanan publik berbasis IT atau online telah diluncurkan, kata dia, pihaknya juga masih menyediakan layanan konvensional. Dengan begitu, masyarakat yang belum memanfaatkan teknologi secara maksimal dapat menggunakan sistem manual.

“Ada sebagian masyarakat yang menginginkan layanan berbasis IT. Ini jawaban kami dengan kreasi berupa persembahan bagimu negeri,” tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar